22. Pointer

Pointer adalah reference atau alamat memory. Variabel pointer berarti variabel yang berisi alamat memori suatu nilai. Sebagai contoh sebuah variabel bertipe integer memiliki nilai 4, maka yang dimaksud pointer adalah alamat memori dimana nilai 4 disimpan, bukan nilai 4 nya sendiri.

Variabel-variabel yang memiliki reference atau alamat pointer yang sama, saling berhubungan satu sama lain dan nilainya pasti sama. Ketika ada perubahan nilai, maka akan memberikan efek kepada variabel lain (yang referensi-nya sama) yaitu nilainya ikut berubah.

22.1. Penerapan Pointer

Variabel bertipe pointer ditandai dengan adanya tanda asterisk (*) tepat sebelum penulisan tipe data ketika deklarasi.

var number *int
var name *string

Nilai default variabel pointer adalah nil (kosong). Variabel pointer tidak bisa menampung nilai yang bukan pointer, dan sebaliknya variabel biasa tidak bisa menampung nilai pointer.

Variabel biasa sebenarnya juga bisa diambil nilai pointernya, caranya dengan menambahkan tanda ampersand (&) tepat sebelum nama variabel. Metode ini disebut dengan referencing.

Dan sebaliknya, nilai asli variabel pointer juga bisa diambil, dengan cara menambahkan tanda asterisk (*) tepat sebelum nama variabel. Metode ini disebut dengan dereferencing.

OK, langsung saja kita praktekan. Berikut adalah contoh penerapan pointer.

var numberA int = 4
var numberB *int = &numberA

fmt.Println("numberA (value)   :", numberA)  // 4
fmt.Println("numberA (address) :", &numberA) // 0xc20800a220

fmt.Println("numberB (value)   :", *numberB) // 4
fmt.Println("numberB (address) :", numberB)  // 0xc20800a220

Variabel numberB dideklarasikan bertipe pointer int dengan nilai awal adalah referensi variabel numberA (bisa dilihat pada kode &numberA). Dengan ini, variabel numberA dan numberB menampung data dengan referensi alamat memori yang sama.

Penggunaan variabel pointer

Variabel pointer jika di-print akan menghasilkan string alamat memori (dalam notasi heksadesimal), contohnya seperti numberB yang diprint menghasilkan 0xc20800a220.

Nilai asli sebuah variabel pointer bisa didapatkan dengan cara di-dereference terlebih dahulu (bisa dilihat pada kode *numberB).

22.2. Efek Perubahan Nilai Pointer

Ketika salah satu variabel pointer di ubah nilainya, sedang ada variabel lain yang memiliki referensi memori yang sama, maka nilai variabel lain tersebut juga akan berubah.

var numberA int = 4
var numberB *int = &numberA

fmt.Println("numberA (value)   :", numberA)
fmt.Println("numberA (address) :", &numberA)
fmt.Println("numberB (value)   :", *numberB)
fmt.Println("numberB (address) :", numberB)

fmt.Println("")

numberA = 5

fmt.Println("numberA (value)   :", numberA)
fmt.Println("numberA (address) :", &numberA)
fmt.Println("numberB (value)   :", *numberB)
fmt.Println("numberB (address) :", numberB)

Variabel numberA dan numberB memiliki referensi memori yang sama. Perubahan pada salah satu nilai variabel tersebut akan memberikan efek pada variabel lainnya. Pada contoh di atas, numberA nilainya di ubah menjadi 5. membuat nilai asli variabel numberB ikut berubah menjadi 5.

Variabel pointer diubah nilainya

22.3. Parameter Pointer

Parameter bisa juga didesain sebagai pointer. Cara penerapannya kurang lebih sama, dengan cara mendeklarasikan parameter sebagai pointer.

package main

import "fmt"

func main() {
    var number = 4
    fmt.Println("before :", number) // 4

    change(&number, 10)
    fmt.Println("after  :", number) // 10
}

func change(original *int, value int) {
    *original = value
}

Fungsi change() memiliki 2 parameter, yaitu original yang tipenya adalah pointer int, dan value yang bertipe int. Di dalam fungsi tersebut nilai asli parameter pointer original diubah.

Fungsi change() kemudian diimplementasikan di main. Variabel number yang nilai awalnya adalah 4 diambil referensi-nya lalu digunakan sebagai parameter pada pemanggilan fungsi change().

Nilai variabel number berubah menjadi 10 karena perubahan yang terjadi di dalam fungsi change adalah pada variabel pointer.

Fungsi berparameter pointer

results matching ""

    No results matching ""