A.28. Any / interface{} / Interface Kosong
Interface kosong atau empty interface yang dinotasikan dengan interface{}
atau any
, merupakan tipe data yang sangat spesial karena variabel bertipe ini bisa menampung segala jenis data, baik itu numerik, string, bahkan array, pointer, apapun.
Dalam konsep pemrograman umum, konsep variabel yang bisa menampung banyak jenis tipe data disebut dengan dynamic typing.
A.28.1. Penggunaan any
/ interface{}
any
atau interface{}
merupakan tipe data, sehingga cara penggunaannya sama seperti tipe data pada umumnya, perbedaannya pada variabel bertipe ini nilainya bisa diisi dengan apapun. Contoh:
package main
import "fmt"
func main() {
var secret interface{}
secret = "ethan hunt"
fmt.Println(secret)
secret = []string{"apple", "manggo", "banana"}
fmt.Println(secret)
secret = 12.4
fmt.Println(secret)
}
Keyword interface
seperti yang kita tau, digunakan untuk pembuatan interface. Tetapi ketika ditambahkan kurung kurawal ({}
) di belakang-nya (menjadi interface{}
), maka kegunaannya akan berubah, yaitu sebagai tipe data.
Agar tidak bingung, coba perhatikan kode berikut.
var data map[string]interface{}
data = map[string]interface{}{
"name": "ethan hunt",
"grade": 2,
"breakfast": []string{"apple", "manggo", "banana"},
}
Pada kode di atas, disiapkan variabel data
dengan tipe map[string]interface{}
, yaitu sebuah koleksi dengan key bertipe string
dan nilai bertipe interface kosong interface{}
.
Kemudian variabel tersebut di-inisialisasi, ditambahkan lagi kurung kurawal setelah keyword deklarasi untuk kebutuhan pengisian data, map[string]interface{}{ /* data */ }
.
Dari situ terlihat bahwa interface{}
bukanlah sebuah objek, melainkan tipe data.
A.28.2. Type Alias Any
Tipe any
merupakan alias dari interface{}
, keduanya adalah sama.
var data map[string]any
data = map[string]any{
"name": "ethan hunt",
"grade": 2,
"breakfast": []string{"apple", "manggo", "banana"},
}
A.28.3. Casting Variabel Any / Interface Kosong
Variabel bertipe interface{}
bisa ditampilkan ke layar sebagai string
dengan memanfaatkan fungsi print, seperti fmt.Println()
. Tapi perlu diketahui bahwa nilai yang dimunculkan tersebut bukanlah nilai asli, melainkan bentuk text dari nilai aslinya.
Hal ini penting diketahui, karena untuk melakukan operasi yang membutuhkan nilai asli pada variabel yang bertipe interface{}
, diperlukan casting ke tipe aslinya. Contoh seperti pada kode berikut.
package main
import "fmt"
import "strings"
func main() {
var secret interface{}
secret = 2
var number = secret.(int) * 10
fmt.Println(secret, "multiplied by 10 is :", number)
secret = []string{"apple", "manggo", "banana"}
var gruits = strings.Join(secret.([]string), ", ")
fmt.Println(gruits, "is my favorite fruits")
}
Pertama, variabel secret
menampung nilai bertipe numerik. Ada kebutuhan untuk mengalikan nilai yang ditampung variabel tersebut dengan angka 10
. Maka perlu dilakukan casting ke tipe aslinya, yaitu int
, setelahnya barulah nilai bisa dioperasikan, yaitu secret.(int) * 10
.
Pada contoh kedua, secret
berisikan array string. Kita memerlukan string tersebut untuk digabungkan dengan pemisah tanda koma. Maka perlu di-casting ke []string
terlebih dahulu sebelum bisa digunakan di strings.Join()
, contohnya pada strings.Join(secret.([]string), ", ")
.
Teknik casting pada any
disebut dengan type assertions.
A.28.4. Casting Variabel Interface Kosong Ke Objek Pointer
Variabel interface{}
bisa menyimpan data apa saja, termasuk data objek, pointer, ataupun gabungan keduanya. Di bawah ini merupakan contoh penerapan interface untuk menampung data objek pointer.
type person struct {
name string
age int
}
var secret interface{} = &person{name: "wick", age: 27}
var name = secret.(*person).name
fmt.Println(name)
Variabel secret
dideklarasikan bertipe interface{}
menampung referensi objek cetakan struct person
. Cara casting dari interface{}
ke struct pointer adalah dengan menuliskan nama struct-nya dan ditambahkan tanda asterisk (*
) di awal, contohnya seperti secret.(*person)
. Setelah itu barulah nilai asli bisa diakses.
A.28.5. Kombinasi Slice, map
, dan interface{}
Tipe []map[string]interface{}
adalah salah satu tipe yang paling sering digunakan untuk menyimpan sekumpulan data berbasis key-value. Tipe tersebut merupakan alternatif dari slice struct.
Pada contoh berikut, variabel person
dideklarasikan berisi data slice map
berisikan 2 item dengan key adalah name
dan age
.
var person = []map[string]interface{}{
{"name": "Wick", "age": 23},
{"name": "Ethan", "age": 23},
{"name": "Bourne", "age": 22},
}
for _, each := range person {
fmt.Println(each["name"], "age is", each["age"])
}
Dengan memanfaatkan slice dan interface{}
, kita bisa membuat data array yang isinya adalah bisa apa saja. Silakan perhatikan contoh berikut.
var fruits = []interface{}{
map[string]interface{}{"name": "strawberry", "total": 10},
[]string{"manggo", "pineapple", "papaya"},
"orange",
}
for _, each := range fruits {
fmt.Println(each)
}