A.3. Go Modules

Pada bagian ini kita akan belajar cara inisialisasi projek menggunakan Go Modules (atau Modules).

A.3.1. Penjelasan

Go modules merupakan manajemen dependensi resmi untuk Go. Modules ini diperkenalkan pertama kali di go1.11, sebelum itu pengembangan projek Go dilakukan dalam GOPATH.

Modules digunakan untuk menginisialisasi sebuah projek, sekaligus melakukan manajemen terhadap 3rd party atau library lain yang dipergunakan.

Modules penggunaannya adalah lewat CLI. Dan jika temen-temen sudah sukses meng-install Go, maka otomatis bisa mempergunakan Go Modules.

Modules atau Module disini merupakan istilah untuk project ya. Jadi jangan bingung.

A.3.2. Inisialisasi Projek Menggunakan Go Modules

Command go mod init digunakan untuk menginisalisasi projek baru.

Mari kita praktekan, buat folder baru, bisa via CLI atau lewat browser/finder.

mkdir projek-pertama
cd project-pertama
go mod init project-pertama
dir

Bisa dilihat pada command di atas ada direktori projek-pertama, dibuat. Setelah masuk ke direktori tersebut, perintah go mod init project-pertama dijalankan. Dengan ini maka kita telah menginisialisasi direktori projek-pertama sebagai sebuah project Go dengan nama project-pertama (kebetulan di sini nama projek sama dengan nama direktori-nya).

Dasar Pemrograman Golang - Init project

Skema penulisan command go mod:

go mod init <nama-project>
go mod init project-pertama

Untuk nama project, umumnya adalah disamakan dengan nama direktori, tapi bisa saja sebenarnya menggunakan nama yang lain.

Nama project dan Nama module merupakan istilah yang sama.

Eksekusi perintah go mod init menghasilkan satu buah file baru bernama go.mod. File ini digunakan oleh Go toolchain untuk menandai bahwa folder dimana file tersebut berada adalah folder projek. Jadi jangan di hapus ya file tersebut.


Ok, sekian. Cukup itu saja cara inisalisasi projek di Go.

O iya, sebenarnya selain Go Modules, setup projek di Go juga bisa menggunakan GOPATH. Tapi inisalisasi porjek dengan GOPATH sudah outdate dan kurang dianjurkan untuk projek-projek yang dikembangkan menggunakan Go versi terbaru (1.14 ke atas).

Jadi setelah bab ini, silakan langsung lanjut ke bab A. Instalasi Editor.

results matching ""

    No results matching ""