A.23. Pointer
Pointer adalah reference atau alamat memori. Variabel pointer berarti variabel yang berisi alamat memori suatu nilai. Sebagai contoh sebuah variabel bertipe integer memiliki nilai 4, maka yang dimaksud pointer adalah alamat memori di mana nilai 4 disimpan, bukan nilai 4 itu sendiri.
Variabel-variabel yang memiliki reference atau alamat pointer yang sama, saling berhubungan satu sama lain dan nilainya pasti sama. Ketika ada perubahan nilai, maka akan memberikan efek kepada variabel lain (yang referensi-nya sama) yaitu nilainya ikut berubah.
A.23.1. Penerapan Pointer
Variabel bertipe pointer ditandai dengan adanya tanda asterisk (*
) tepat sebelum penulisan tipe data ketika deklarasi.
var number *int
var name *string
Nilai default variabel pointer adalah nil
(kosong). Variabel pointer tidak bisa menampung nilai yang bukan pointer, dan sebaliknya variabel biasa tidak bisa menampung nilai pointer.
Ada dua hal penting yang perlu diketahui mengenai pointer:
- Variabel biasa bisa diambil nilai pointernya, caranya dengan menambahkan tanda ampersand (
&
) tepat sebelum nama variabel. Metode ini disebut dengan referencing. - Dan sebaliknya, nilai asli variabel pointer juga bisa diambil, dengan cara menambahkan tanda asterisk (
*
) tepat sebelum nama variabel. Metode ini disebut dengan dereferencing.
OK, langsung saja kita praktekan.
var numberA int = 4
var numberB *int = &numberA
fmt.Println("numberA (value) :", numberA) // 4
fmt.Println("numberA (address) :", &numberA) // 0xc20800a220
fmt.Println("numberB (value) :", *numberB) // 4
fmt.Println("numberB (address) :", numberB) // 0xc20800a220
Variabel numberB
dideklarasikan bertipe pointer int
dengan nilai awal adalah referensi variabel numberA
(bisa dilihat pada kode &numberA
). Dengan ini, variabel numberA
dan numberB
menampung data dengan referensi alamat memori yang sama.
Variabel pointer jika di-print akan menghasilkan string alamat memori (dalam notasi heksadesimal), contohnya seperti numberB
yang diprint menghasilkan 0xc20800a220
.
Nilai asli sebuah variabel pointer bisa didapatkan dengan cara di-dereference terlebih dahulu (bisa dilihat pada kode *numberB
).
A.23.2. Efek Perubahan Nilai Pointer
Ketika salah satu variabel pointer di ubah nilainya, sedang ada variabel lain yang memiliki referensi memori yang sama, maka nilai variabel lain tersebut juga akan berubah.
var numberA int = 4
var numberB *int = &numberA
fmt.Println("numberA (value) :", numberA)
fmt.Println("numberA (address) :", &numberA)
fmt.Println("numberB (value) :", *numberB)
fmt.Println("numberB (address) :", numberB)
fmt.Println("")
numberA = 5
fmt.Println("numberA (value) :", numberA)
fmt.Println("numberA (address) :", &numberA)
fmt.Println("numberB (value) :", *numberB)
fmt.Println("numberB (address) :", numberB)
Variabel numberA
dan numberB
memiliki referensi memori yang sama. Perubahan pada salah satu nilai variabel tersebut akan memberikan efek pada variabel lainnya. Pada contoh di atas, numberA
nilainya di ubah menjadi 5
. membuat nilai asli variabel numberB
ikut berubah menjadi 5
.
A.23.3. Parameter Pointer
Parameter bisa juga dirancang sebagai pointer. Cara penerapannya kurang lebih sama, dengan cara mendeklarasikan parameter sebagai pointer.
package main
import "fmt"
func main() {
var number = 4
fmt.Println("before :", number) // 4
change(&number, 10)
fmt.Println("after :", number) // 10
}
func change(original *int, value int) {
*original = value
}
Fungsi change()
memiliki 2 parameter, yaitu original
yang tipenya adalah pointer int
, dan value
yang bertipe int
. Di dalam fungsi tersebut nilai asli parameter pointer original
diubah.
Fungsi change()
kemudian diimplementasikan di main
. Variabel number
yang nilai awalnya adalah 4
diambil referensi-nya lalu digunakan sebagai parameter pada pemanggilan fungsi change()
.
Nilai variabel number
berubah menjadi 10
karena perubahan yang terjadi di dalam fungsi change
adalah pada variabel pointer.