A.13. Seleksi Kondisi
Seleksi kondisi digunakan untuk mengontrol alur eksekusi flow program. Analoginya mirip seperti fungsi rambu lalu lintas di jalan raya. Kapan kendaraan diperbolehkan melaju dan kapan harus berhenti diatur oleh rambu tersebut. Seleksi kondisi pada program juga kurang lebih sama, kapan sebuah blok kode dieksekusi dikontrol.
Yang dijadikan acuan oleh seleksi kondisi adalah nilai bertipe bool
, bisa berasal dari variabel, ataupun hasil operasi perbandingan. Nilai tersebut menentukan blok kode mana yang akan dieksekusi.
Go memiliki 2 macam keyword untuk seleksi kondisi, yaitu if else dan switch. Pada chapter ini kita akan mempelajari keduanya.
Go tidak mendukung seleksi kondisi menggunakan ternary.
Statement sepertivar data = (isExist ? "ada" : "tidak ada")
adalah invalid dan menghasilkan error.
A.13.1. Seleksi Kondisi Menggunakan Keyword if
, else if
, & else
Cara penerapan if-else di Go sama seperti pada bahasa pemrograman lain. Yang membedakan hanya tanda kurungnya (parentheses), di Go tidak perlu ditulis. Kode berikut merupakan contoh penerapan seleksi kondisi if else, dengan jumlah kondisi 4 buah.
var point = 8
if point == 10 {
fmt.Println("lulus dengan nilai sempurna")
} else if point > 5 {
fmt.Println("lulus")
} else if point == 4 {
fmt.Println("hampir lulus")
} else {
fmt.Printf("tidak lulus. nilai anda %d\n", point)
}
Dari ke-empat kondisi di atas, yang terpenuhi adalah if point > 5
, karena nilai variabel point
memang lebih besar dari 5
. Maka blok kode tepat di bawah kondisi tersebut akan dieksekusi (blok kode ditandai kurung kurawal buka dan tutup), hasilnya text "lulus"
muncul sebagai output.
Penulisan if else Go diawali dengan keyword if
kemudian diikuti nilai seleksi kondisi dan blok kode ketika kondisi terpenuhi. Ketika kondisinya tidak terpenuhi akan blok kode else
dipanggil (jika blok kode else
tersebut ada). Ketika ada banyak kondisi, gunakan else if
.
A.13.2. Variabel Temporary Pada if
- else
Variabel temporary adalah variabel yang hanya bisa digunakan pada deretan blok seleksi kondisi di mana ia ditempatkan. Penggunaan variabel ini membawa beberapa manfaat, antara lain:
- Scope atau cakupan variabel jelas, hanya bisa digunakan pada blok seleksi kondisi itu saja
- Kode menjadi lebih rapi
- Ketika nilai variabel tersebut didapat dari sebuah komputasi, perhitungan tidak perlu dilakukan di dalam blok masing-masing kondisi.
var point = 8840.0
if percent := point / 100; percent >= 100 {
fmt.Printf("%.1f%s perfect!\n", percent, "%")
} else if percent >= 70 {
fmt.Printf("%.1f%s good\n", percent, "%")
} else {
fmt.Printf("%.1f%s not bad\n", percent, "%")
}
Variabel percent
nilainya didapat dari hasil perhitungan, dan hanya bisa digunakan di deretan blok seleksi kondisi itu saja yang mencakup blok if
, else if
, dan else
.
Deklarasi variabel temporary hanya bisa dilakukan lewat metode type inference yang menggunakan tanda
:=
. Penggunaan keywordvar
di situ tidak diperbolehkan karena menyebabkan error.
A.13.3. Seleksi Kondisi Menggunakan Keyword switch
- case
Switch merupakan seleksi kondisi yang sifatnya fokus pada satu variabel, lalu kemudian di-cek nilainya. Contoh sederhananya seperti penentuan apakah nilai variabel x
adalah: 1
, 2
, 3
, atau lainnya.
var point = 6
switch point {
case 8:
fmt.Println("perfect")
case 7:
fmt.Println("awesome")
default:
fmt.Println("not bad")
}
Pada kode di atas, tidak ada kondisi atau case
yang terpenuhi karena nilai variabel point
tetap 6
. Ketika hal seperti ini terjadi, blok kondisi default
dipanggil. Bisa dibilang bahwa default
merupakan else
dalam sebuah switch.
Perlu diketahui, switch pada pemrograman Go memiliki perbedaan dibanding bahasa lain. Di Go, ketika sebuah case terpenuhi, tidak akan dilanjutkan ke pengecekan case selanjutnya, meskipun tidak ada keyword break
di situ. Konsep ini berkebalikan dengan switch pada umumnya pemrograman lain (yang ketika sebuah case terpenuhi, maka akan tetap dilanjut mengecek case selanjutnya kecuali ada keyword break
).
A.13.4. Pemanfaatan case
Untuk Banyak Kondisi
Sebuah case
dapat menampung banyak kondisi. Cara penerapannya yaitu dengan menuliskan nilai pembanding-pembanding variabel yang di-switch setelah keyword case
dipisah tanda koma (,
).
var point = 6
switch point {
case 8:
fmt.Println("perfect")
case 7, 6, 5, 4:
fmt.Println("awesome")
default:
fmt.Println("not bad")
}
Kondisi case 7, 6, 5, 4:
akan terpenuhi ketika nilai variabel point
adalah 7 atau 6 atau 5 atau 4.
A.13.5. Kurung Kurawal Pada Keyword case
& default
Tanda kurung kurawal ({ }
) bisa diterapkan pada keyword case
dan default
. Tanda ini opsional, boleh dipakai boleh tidak. Bagus jika dipakai pada blok kondisi yang di dalamnya ada banyak statement, dengannya kode akan terlihat lebih rapi.
Perhatikan kode berikut, bisa dilihat pada keyword default
terdapat kurung kurawal yang mengapit 2 statement di dalamnya.
var point = 6
switch point {
case 8:
fmt.Println("perfect")
case 7, 6, 5, 4:
fmt.Println("awesome")
default:
{
fmt.Println("not bad")
fmt.Println("you can be better!")
}
}
A.13.6. Switch Dengan Gaya if
- else
Uniknya di Go, switch bisa digunakan dengan gaya ala if-else. Nilai yang akan dibandingkan tidak dituliskan setelah keyword switch
, melainkan akan ditulis langsung dalam bentuk perbandingan dalam keyword case
.
Pada kode di bawah ini, kode program switch di atas diubah ke dalam gaya if-else
. Variabel point
dihilangkan dari keyword switch
, lalu kondisi-kondisinya dituliskan di tiap case
.
var point = 6
switch {
case point == 8:
fmt.Println("perfect")
case (point < 8) && (point > 3):
fmt.Println("awesome")
default:
{
fmt.Println("not bad")
fmt.Println("you need to learn more")
}
}
A.13.7. Penggunaan Keyword fallthrough
Dalam switch
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa switch pada Go memiliki perbedaan dengan bahasa lain. Ketika sebuah case
terpenuhi, pengecekan kondisi tidak akan diteruskan ke case-case setelahnya.
Keyword fallthrough
digunakan untuk memaksa proses pengecekan tetap diteruskan ke case
selanjutnya dengan tanpa menghiraukan nilai kondisinya, efeknya adalah case di pengecekan selanjutnya selalu dianggap true
(meskipun aslinya bisa saja kondisi tersebut tidak terpenuhi, akan tetap dianggap true
).
var point = 6
switch {
case point == 8:
fmt.Println("perfect")
case (point < 8) && (point > 3):
fmt.Println("awesome")
fallthrough
case point < 5:
fmt.Println("you need to learn more")
default:
{
fmt.Println("not bad")
fmt.Println("you need to learn more")
}
}
Di contoh, setelah pengecekan case (point < 8) && (point > 3)
selesai, dilanjut ke pengecekan case point < 5
, karena ada fallthrough
di situ. Dan kondisi case < 5
tersebut dianggap true
meskipun secara logika harusnya tidak terpenuhi.
Pada case
dalam sebuah switch
, diperbolehkan terdapat lebih dari satu fallthrough
.
A.13.8. Seleksi Kondisi Bersarang
Seleksi kondisi bersarang adalah seleksi kondisi, yang berada dalam seleksi kondisi, yang mungkin juga berada dalam seleksi kondisi, dan seterusnya. Seleksi kondisi bersarang bisa dilakukan pada if
- else
, switch
, ataupun kombinasi keduanya.
var point = 10
if point > 7 {
switch point {
case 10:
fmt.Println("perfect!")
default:
fmt.Println("nice!")
}
} else {
if point == 5 {
fmt.Println("not bad")
} else if point == 3 {
fmt.Println("keep trying")
} else {
fmt.Println("you can do it")
if point == 0 {
fmt.Println("try harder!")
}
}
}